Berita  

Bawaslu Demak Giat Lakukan Pembekalan Materi Guna Sukseskan Pemilu 2024

DEMAK – Untuk menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Demak, giat lakukan pembekalan kepada Pemgawas Pemilu Kecamatan (Panwaslucam).

Satu diantara dengan menggelar kegiatan fasilitasi penyelenggaraan pemilu “Penanganan Pelanggaran dan Verifikasi Faktual di Reinz Cafe and Resto, Senin (21/11/2022).

Acara diikuti 42 panitia pengawas pemilu kecamatan (panwaslucam) Kabupaten Demak ini, disini oleh pemateri dari Dosen Universitas 17 Agustus (Untag) Semarang Edi Pranoto dan  Kejari Demak Adi Setiawan.

Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Demak Khoirul Saleh menyampaikan para Pawaslucam  memiliki tanggung jawab besar dan cukup sulit.

Belajar dari pengalaman kata Sholeh, ketika pemilihan presiden (pilpres) hanya ada dua pasangan calon maka itu artinya antara jadi dan tidak.

Sebab lanjutnya, saat ada hanya dua pasangan calon setidaknya setiap pihak akan berusaha semaksimal mungkin menggunakan berbagai cara untuk memenangkan kontestasi Pemilu, sehingga potensi pelanggaran akan cukup tinggi.

Akan tetapi jika pasangan calon di Pilpres 2024 lebih dari 2 maka kecil kemunculan permasalahan.

Sementara pada penyelenggaraan Pemilu 2024 mendatang akan dilakukan secara bersamaan antara Pilgub dengan Pilkada.

“Bebarengan dengan kegiatan pilkada untuk pemilihan gubernur, bupati, dan wali kota, sehinga pengawasan akan padat sekali,” jelasnya.

Melihat hal itu, Khoirul meminta para Panwaslucam untuk bisa memaksimalkan penanganan guna mencegah dan menindak pelanggaran di Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024.

“Prinsipnya Bawaslu melakukan pencegahan, tetapi tetap ramah di dalam kolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan dan tegas dalam melakukan penindakan,” tuturnya

Tak hanya itu, ia berpesan kepara para pengawas pemilu tingkat kecamatan tersebut harus untuk juga bisa  tetap menjaga kepercayaan publik.

Selama ini, kata dia, peserta pemilu, masyarakat, dan seluruh pemangku kepentingan, perhatian dan kepercayaannya sangat baik kepada Bawaslu Demak.

“Ini (kepercayaan publik) harus terus dijaga dan ditingkatkan,” tutupnya.